Skip to main content

Hidup Setelah Lulus

Image result for life
sumber gambar: markmanson.net
            Apa yang gue takutkan setelah lulus kuliah?
Kehidupan setelah lulus kuliah adalah fase yang menantang sekaligus membingungkan karena dihadapkan pada situasi dimana gue harus memutuskan, apa yang selanjutnya dilakukan, mencari pekerjaan-kah? atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi-kah atau pilihan lain seperti menikah?
Fase yang kemudian gue pilih adalah mencari pekerjaan. Di tengah menjamurnya startup, memiliki hard skill dan soft skill yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar merupakan kebutuhan yang mendesak, semakin banyak skill yang dimiliki, maka semakin besar kesempatan seseorang untuk terserap di bidang pekerjaan tersebut. Hard skill mencakup pengetahuan maupun keahlian spesifik yang dibutuhkan terkait dengan pekerjaan yang dilamar, contoh hard skill misalnya keahlian mendesain web, ahli dalam pemrograman, menulis, pemasaran, dan lain sebagainya, sedangkan soft skill berhubungan dengan ciri kepribadian yang berpengaruh terhadap pekerjaan, contohnya manajemen waktu, komunikasi, kreativitas dan keahlian lain yang bisa menyokong pekerjaan. Baik hard skill maupun soft skill keduanya penting untuk dimiliki setiap individu yang ingin mencari pekerjaan.
Banyak perusahaan menuntut keahlian tertentu ketika memasuki dunia kerja, sedangkan kita tahu, kuliah lebih banyak mendoktrin mahasiswa dengan teori-teori baku, sehingga tidak ada jaminan seseorang yang baru lulus kuliah memiliki skill yang di butuhkan oleh perusahaan. Memasuki dunia kerja membuat gue khawatir dan takut tentang banyak hal, seperti tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, tidak bisa mengikuti workflow di tempat kerja, tidak dapat beradaptasi dan ketakutan lain yang disebabkan karena kurangnya skill dan kepercayaan diri. Bukan hal yang mudah bagi seseorang seperti ini ketika akan mencari pekerjaan, untuk itu di perlukan usaha-usaha untuk mengembangkan diri terlebih dahulu agar menjadi pribadi yang pantas untuk dipilih perusahaan.
Memulai karir dengan magang adalah kuncinya, tidak ada yang salah ketika memulai karir dengan magang, karena banyak hal yang bisa dipelajari dari kegiatan magang tersebut, misalnya soft skill bagaimana mengatur waktu, bagaimana adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan masih banyak lagi. Magang juga memberikan pandangan yang jelas tentang perbedaan dunia pendidikan dan dunia kerja. Di dunia pendidikan kita cenderung lebih bebas melakukan banyak project, karena ketika gagal, kampus akan lebih banyak memaklumi. Berbeda dengan di dunia kerja, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan juga karyawan di hadapkan dengan risiko yang nyata, kegagalan dalam menjalankan sebuah project berarti menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan memberikan nilai minus pada kinerja personal.
Mengasah hard skill maupun soft skill dengan menjalani program magang sebelum mendapatkan pekerjaan full-time adalah solusi yang tepat ketika merasa kurang kemampuan, memposisikan diri sebagai orang yang tidak pernah puas dan selalu ingin belajar hal-hal baru menjadi penting dalam proses pengembangan diri, ini sesuai dengan pesan Steve Jobs “Stay hungry, Stay foolish!”, jadi hidup setelah lulus, sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan lagi bukan?  

Comments

Popular posts from this blog

LIRIK LAGU I AM KOREA THE DAY WE MEET

[Chanyeol] Sigan sok iyagil Nae mamsoke giok-he [Bora] Geu giokeul I noraee namgi ryohae [Chanyeol Bora] Neo na uri [Sunggyu] Geu daen mollatji Ijgo saraseo [Hyorin] Ga seum dwige haejudeon Geu dae yeo [Baekhyun] Jigeum nareul ireohke Oseum jieumyo [Molla] Pyeonhi sum swige hae jun Geu dae yeo [Baek ji young] A... Oneul uri da moduda gidarin ibam [Molla] Geutnae neomchin geurium I jen bonae juryeohae [Soyou Eunji] Oneul i bameul Dan nanu go sipeo Reff Uri geu dae Manna neunnal Du beon da si Doraseoji anhgil yaksokhe [Hyorin Chen] Neowa naega irohke Hanaimeu negincae [Chanyeol Minah] Oneul yongweon dorok Giokhae ooo Giokhae.. [Baekhyun] Hwanhan miso jieumyeo Seoro sonjabeumyeo [In sooni] Gipeun norae bureuneun Geu dae yeo [Molla] A... Oneul uri da moduda gidarin ibam [Hani] Gumerado geurineun i got Mot boneun nege [Molla] Oneul i bameul Dan nanu go sipeo Back to reff [Ailee] Haejil mureom Dasi alge dwen go jyo

RUNNING MAN TERSERU/PALING SERU VERSI GUE !!

1 bulan lalu gue kena virus running man. virusnya mau gue sebarin.. jadi siap-siap aja :D Bagi yang masih awam,  mungkin bingung apa sih Running Man? Running man itu Variety show dari korea.. sederhana aja sih mereka beranggotakan 7 orang, mengundang bintang tamu, selebritis .. and then playing a lot of games with a lot of mission haha. gila.. Running man udah kaya warna aja di hari-hari kelam gue, teman seperjuangan sibuk kuliah, ada juga yang kerja. entah kenapa gue malah koleksi episode running man, saking ga ada kerjaan. tapi gue niat kok taun depan harus kuliah ^_^, i  hope, next year this virus will be disappear ok let’s go ! intip my collection Episode 211 Bagi kamu yang baru pertama kali nonton running man. wajib tonton episode ini dulu. so kamu bakal jatuh cinta sama running man. Misi mereka di episode ini unik menaklukan wahana bermain demi sebuah tanda  x : + -. Episode ini kocaknya dari awal sampai akhir. beneran deh.

Magang di GLINTS

Hi Readers, Yesterday was the end of my internship at Glints indonesia. Yasss!!! so happy, finally can hammer out my holiday with something memorable (i don't think so haha) Do you know Glints? No? It’s okay  lemme explain more bout Glints.   Glints is a job portal, That u can apply for a new job opportunities. and Glints now has a new product, called Talenthunt. The question is, What is talenthunt? I don’t mind to share bout this, but i think, you should visit  this video  too, for more information. Talenthunt is a portal, can help people to get a new job, more easier of course. help companies to get a best employee faster. You don’t need to apply to many companies out there, just let them apply to you.  Aren’t u curious? Go sign up at  Glints Talenthunt ! For now.. I would to share about my internship impression at glints. As marketing intern, being here for three months, i’ll said that was a negative n positive experience for me. Honestly. i don&#