Skip to main content

Terlalu manis untuk dilupakan, terlalu pahit untuk diulang

Dibalik senyum gue yang terlihat natural pada salah satu foto diatas, ada cerita-cerita konyol yang terjadi dari rangkaian perjalanan di kapal perang yang katanya kebanggaan indonesia ini, KRI Banjarmasin 592

Pertama, gue bersyukur amat sangat, selama kurang lebih 3 hari merasakan hidup dalam kapal perang, berlayar dari surabaya ke jakarta melintasi perairan jawa. Bayangkan setiap kali gue buka mata, semua bergoyang, gue ga bisa berdiri tegak. bahkan sempat terhempas dengan sendirinya di dalam kamar kapal, padahal ga ada satupun orang yang ngedorong gue. dahsyat sekali perairan jawa.

Gue juga seneng bisa ketemu dengan macam-macam orang indonesia, iya, macem-macem banget, ditambah bahasa mereka, gue baru sadar, indonesia kaya akan bahasa. Bahkan seorang teman sekamar bernama anita, dari kaffa NTT, dia mengatakan kalo di daerahnya, beda kampung aja, udah beda bahasanya. gue tercengang.
Apalah gue yang mengagungkan bahasa inggris dan merasa minder kalo ngomong pake bahasa daerah.

Juga, teman mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia lainnya, dari sabang sampai merauke. sebuah kehormatan bisa mengenal kalian.

--------
Minggu
Dari jakarta, Gue naik Kereta Argo bromo. sekitar pukul 21.30 kereta meninggalkan stasiun gambir. Gue duduk di gerbong 9 (anggrek) seat 1a. Ini pertama kalinya gue naik kereta eksekutif yang tidak se-eksekutif yang gue pikirkan.Toiletnya kecil, susah ditutup dan gue yang akhirnya nyerah buat nahan pipis, pake juga itu toilet... rasanya seperti di kocok-kocok dalam kotak kecil. dan gue shock banget pas pake showernya, kenceng parah, bisa luka :(

Senin
06.30
gue sampai di Surabaya, stasiun pasar turi
09.24
Gue dan temen-temen  diangkut ke markas tni AL, dengan menggunakan bis tni AL. Sampai di markas TNI sekitar pukul 10.03.

13.00, masih di dalam sebuah aula, kegiatan gue cuman makan siang (Ketika makan, gue menertawakan para TNI yg menyuarakan nyanyian aneh di lapangan)

13.10-15.30
Gue dan yang lain dibariskan, seorang komandan (posisinya bama, namanya ahmad) dengan sok galaknya mengatur-atur kami. Ia mengatakan “saya tidak membeda-bedakan antara wanita dan pria. n u know what? Kami diajarkan yel-yel yg gue tertawakan saat makan siang. Oh god.

18.40-19.15
Hujan deres, gue berniat buat solat, kebodohan pertama gue, yaitu lupa ga ganti sepatu, alhasil sepatu kerendem genangan air. how stupid i am.

19.30-20.00
Kembali ke aula, membawa koper dan ransel masing-masing. Bersiap ke mess.
Sampai di mess gue mulai membereskan peralatan. Dari hari minggu sore, sampai senin sore, gue belum mandi. Gue kira di mess bisa mandi, ternyata  salah besar, ga ada aer cuy. Dengan badan yang udah lelah banget, gue ambil odol dan sikat gigi + aqua 1L yg gue beli pas makan siang di kantin TNI AL. Sikat gigi dengan air aqua. Cuci kaki dengan air aqua.
ternyata AQUA sangat bermanfaat disituasi seperti ini. haha

21.00
Masih menggunakan baju yg sama gue naik ke tempat tidur tingkat. Dan berusaha tidur.

Selasa
02.31
Gue bangun, dan mendengar ada yg sedang mandi. ingin rasanya gue mandi juga, tapi segera mengurungkan niat, setelah berfikir dengan akal yang Alhamdulillah masih sehat, siapa yang mandi jam segini anjir?

03.22
Gue pengen pipis parah. Gue sampe lupa terakhir kali gue pipis. Tapi semua orang masih tidur :(

04.15
gue akhirnya pipis. but, airnya ga ada!!! Ada sih, tinggal dedeknya gitu. Niatnya mau mandi. Cuman pipis dan cuci ketiak. Ini barengan sama temen dari universitas karawang. Lupa namanya.. wkwk dia melakukan hal yg sama. Jorok sekali kita.Wudu pun pake dedek air. Air AQUA gue udah abis sih

08.00
Persiapan pakai baju hitam putih. Gue ke kamar awy (teman dekat gue dikampus), di kamar dia ada mahasiswa dari aceh, kasian bgt kopernya ketinggalan di bandara. Ga tau kok bisa ya.
Setelah siap, kami semua Gladi upacara pembukaan hari bela negara. Tes yel2. Terus makan pagi. Gila cuman dikasih waktu beberapa menit buat makan, ingin rasanya ku menangis.
Bama mariner: “Makan langsung telan, biar lama kenyangnya” “tidak berlaku kunyah 33x. Habiskan!!! makan, kemudian dorong pake aer!”. Mampus gue.

11-13.25
Ke pelabuhan, untuk mengambil atribut ala-ala TNI. Then baju gue kedodoran semua terus Sepatu gue segede gabang! Gue jg dapet tas. Bawaan gue jadi 3. Tas ransel, tas dikasih sama koper. hua lebih-lebih dari mudik.

15.10
Masuk kapal. kelompok 8 berisi 12 anggota. Dengan akting pura2 tidak kenal. Gue yang sudah merencanakan ini dengan teman sekampus lainnya akhirnya bisa satu kamar.

16.00
Setelah masuk kapal, dapet kamar, hal yang pertama gue cari adalah  kamar mandi! gue sudah merasa jijik sekali dengan tubuh gue. dan akhirnya nemu, kamar mandi yang cukup luas dibatasi oleh tirai-tirai. Gue ga peduli. yang penting gue bisa mandi. Air panas lagi. Nikmat bgt. Gegara ini gue jadi menghargai air.

18.30-20.00
Karna belum ada kegiatan, trus enak udh mandi, gue naik ke kasur. Hp lagi di cas dan percuma ga ada sinyal samsek, terus bodohnya gue adalah gue ketiduran haha. sempet dibangunin tp tidur lagi wkwk, pas bangun cuman ada berdua, gue sama fia, teman sekampus yg lg tidur juga. Parah ditinggal

Panik di suruh cepett2. (Ada yg gedor pintu) Then pas mau keluar, masalah baru, sepatu gue ilaang!!! Ga tau dmna, sedangkan apel malam harus pake sepatu. Akhirnya gue keluar pake sendal + kaos kaki berfikir kalau org ga bakal sadar. Peserta 400 org, ga mungkin ada yg perhatiin gue

Gue salah perhitungan,  ketauan pake sendal. gue ditanyain 3 tentara. aneh deh… itu malem-malem mata mereka jeli anjir. Dengan muka memelas, gue bilang ilang. Untungnya mereka percaya, ga nanya-nanya lagi.

Lanjut makan malam. Gue dapet ayam, nasi, mie, jeruk. Gue yang ga biasa makan malem, alhasil ga abis dan ngerasa mual. Gue dimarahin sama satu tentara. Dan dia nyenterin gue suruh ngabisin. Diliatin sampe makanan gue abis tak bersisa. Rasanya kalo ga ditahan hitungan detik gue bisa muntah.

22.00
Balik ke kamar. Gue mencari (lagi) sepatu gue, ternyata tertindih koper,  Gue tidur di tingkat 3, bareng anita dan putri dari ntt

22.17
Gue ga bisa tidur, karna udh tidur tadi kali ya wkwk.

Rabu.
02.24
Gue sakit perut parah, pengen ee, tp masih pada tidur. Sakit perut makin makin akhirnya gue bangunin awy sama teteh, Terus pas sampe toilet.. mules gue ilang tiba2. Jadinya gue cuman pipis.

02.53
Pas gue balik mau ke kasur atas, anita pengen ke toilet.. gue anterin tuh, gue rada mules disitu... then akhirnya gue boker, di temenin anita. Horeeee!! wkwk setelah sekian lama, pemasukan dan pengeluaran yang ga balance. Makan udh 5X, ee baru 1x. Btw klosetnya beda.. ada tombol d sebelahnya, penyedot yg ngeluarin suara gede bgt.

04.20
Ke kamar mandi dan udah penuh banget. Gue ga mandi cuman ganti cln dlm+wudu

05.10
Lari-lari keluar kapal buat apel pagi. Dihukum gegara tlt 10 menit. Jongkok berdiri sambil tangan pegang tumit.

09.00
Gue makan pagi. Nasinya byk banget lauknya juga. Ayam goreng lagi. Sampai enek gue ngeliat ayam. Akhirnya gue sembunyiin di balik kertas nasi. Nasinya yg diabisin
Ayamnya gue buang. jangan dicontoh.

9.10-13.40
Gue Makan siang. Makan siang yang paling manusiawi menurut gue yaitu saat gue dikapal,  prasmanan gitu modelnya. Gue makan seperti biasa. Ayam goreng lagi.

14.20-15.02
Kapal berlayar
18.00
Banyak yg tumbang, mabok laut, termasuk awy wkwk, ada 88 dari 600 org... kapal mulai bergoyang

Kamis
03.33
Gue bangun dan langsung mandi. Trus pas gue masuk kamar mandi. Di kamar mandinya ada celana dalem ngegantung, trus setelah gue mandi, ada pembina cewe marinir yg mau mandi juga... dia nyuruh gue buang tuh cangcut.. iuuuh nista bgt.
Btw sendal gue ilaang!

6.00
Makan pagi. Gue melihat ikan goreng.. gue ambil. Taunya itu ikan asin.. asin bgt! Ditambah menunya ada telur asin. Darah tinggi gua lama-lama.

7.00-11.00
Materi. Banyak yg sakit. Heli dek itu d lantai 3. Gue nganterin temen ke kamar d lantai 2, dan karena ombaknya gede, guncang bgt, gue mager keatas jd ikutan tidur deh wkwk
Gue mles juga ke kasur tingkat 3, tidurlah gue di lantai, pas bgt berhadapan sama pintu. Eh setengah gue tidur, 2 org tentara buka pintu. Gue reflek bangun... terus “kamu sakit?” gue ga jawab, terus dia nanya yg dibelakang2 gue knp, gue bilang mereka mual-mual. “Halah sakit apa ngantuk?” Trus dia tutup lg pintunya wkwk..
penghuni kamar gue hampir semua tumbang, kecuali gue dan teteh.

19.10
Gue berada di heli dek. Menatap langit penuh bintang. Ceilah. Serius. Awesome. baru kali ini gue liat bintang segitu keliatannya.

19.10-23.00
lomba-lomba, unjuk diri kebudayaan masing-masing daerah.

00.16
Gue baru naik ke tempat tidur. Dapet kabar kalo kampus gue juara 3, lomba pentas budaya, terus pleton gue juara 1 joget gemufamire dari 24 universitas

Jumat
09.12
kapal merapat di dermaga tanjung priuk, Jakarta.

15.00-17.40
Gladi kotor upacara.

23.40
nonton film unu dari timor yg menang festival film Indonesia tahun 2017.
Suara deta keren abis, anita sama putri teman sekamar gue juga ternyata main di film itu.

Sabtu
08.00
Upacara hari bela negara

Setelah itu, akhirnya kehidupan gue normal kembali, gue balik kerumah. dan ga lupa mandi dan boker. pengalaman yang luar biasa. btw gue sepertinya terkena gangguan wkwk beberapa hari setelah perjalanan itu, gue masih merasa tanah yang gue pijak bergoyang.

Popular posts from this blog

LIRIK LAGU I AM KOREA THE DAY WE MEET

[Chanyeol] Sigan sok iyagil Nae mamsoke giok-he [Bora] Geu giokeul I noraee namgi ryohae [Chanyeol Bora] Neo na uri [Sunggyu] Geu daen mollatji Ijgo saraseo [Hyorin] Ga seum dwige haejudeon Geu dae yeo [Baekhyun] Jigeum nareul ireohke Oseum jieumyo [Molla] Pyeonhi sum swige hae jun Geu dae yeo [Baek ji young] A... Oneul uri da moduda gidarin ibam [Molla] Geutnae neomchin geurium I jen bonae juryeohae [Soyou Eunji] Oneul i bameul Dan nanu go sipeo Reff Uri geu dae Manna neunnal Du beon da si Doraseoji anhgil yaksokhe [Hyorin Chen] Neowa naega irohke Hanaimeu negincae [Chanyeol Minah] Oneul yongweon dorok Giokhae ooo Giokhae.. [Baekhyun] Hwanhan miso jieumyeo Seoro sonjabeumyeo [In sooni] Gipeun norae bureuneun Geu dae yeo [Molla] A... Oneul uri da moduda gidarin ibam [Hani] Gumerado geurineun i got Mot boneun nege [Molla] Oneul i bameul Dan nanu go sipeo Back to reff [Ailee] Haejil mureom Dasi alge dwen go jyo

RUNNING MAN TERSERU/PALING SERU VERSI GUE !!

1 bulan lalu gue kena virus running man. virusnya mau gue sebarin.. jadi siap-siap aja :D Bagi yang masih awam,  mungkin bingung apa sih Running Man? Running man itu Variety show dari korea.. sederhana aja sih mereka beranggotakan 7 orang, mengundang bintang tamu, selebritis .. and then playing a lot of games with a lot of mission haha. gila.. Running man udah kaya warna aja di hari-hari kelam gue, teman seperjuangan sibuk kuliah, ada juga yang kerja. entah kenapa gue malah koleksi episode running man, saking ga ada kerjaan. tapi gue niat kok taun depan harus kuliah ^_^, i  hope, next year this virus will be disappear ok let’s go ! intip my collection Episode 211 Bagi kamu yang baru pertama kali nonton running man. wajib tonton episode ini dulu. so kamu bakal jatuh cinta sama running man. Misi mereka di episode ini unik menaklukan wahana bermain demi sebuah tanda  x : + -. Episode ini kocaknya dari awal sampai akhir. beneran deh.

Magang di GLINTS

Hi Readers, Yesterday was the end of my internship at Glints indonesia. Yasss!!! so happy, finally can hammer out my holiday with something memorable (i don't think so haha) Do you know Glints? No? It’s okay  lemme explain more bout Glints.   Glints is a job portal, That u can apply for a new job opportunities. and Glints now has a new product, called Talenthunt. The question is, What is talenthunt? I don’t mind to share bout this, but i think, you should visit  this video  too, for more information. Talenthunt is a portal, can help people to get a new job, more easier of course. help companies to get a best employee faster. You don’t need to apply to many companies out there, just let them apply to you.  Aren’t u curious? Go sign up at  Glints Talenthunt ! For now.. I would to share about my internship impression at glints. As marketing intern, being here for three months, i’ll said that was a negative n positive experience for me. Honestly. i don&#